Sabtu, 24 Februari 2024

Hari Peduli Sampah di Sekolah

Siapa yang di sekolahnya ada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)? Dipastikan hanya beberapa sekolah saja. Karena memang HPSN tidak sepopuler peringatan lainya.

Bagaimana dengan Sekolah Islam Terpadu Qudwah?


SIT Qudwah termasuk diantara sedikit sekolah yang secara khusus melakukan kegiatan dalam rangka HPSN 2024.


Saya juga baru mengetahui tentang sejarah HPSN. Tanggal 21 Februari diambil untuk mengingat tragedi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah di tahun 2005. Akibat curah hujan yang tinggi dan dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah menyebabkan longsor. Dua kampung Cilumus dan Pojok tertimbun longsor dan 157 korban meninggal dunia.


Belajar dari peristiwa tersebut, sampah sudah menjadi masalah bersama yang darurat untuk dicari solusinya. HPSN membawa semangat untuk membangun kepedulian menjaga kelestarian bumi lewat upaya pola hidup minim sampah.


Ini tahun pertama SIT Qudwah memperingati HPSN. Selain sebagai bagian dari P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Aku Sayang Bumi. Konsep zero waste juga akan menjadi program unggulan sekolah secara berkelanjutan.

Kebijakan ini diambil setelah adanya keresahan mulai terlihatnya tumpukan sampah di area sekitar sekolah. Jadi benar dikatakan oleh para praktisi zero waste bahwa sampah-sampah itu tidak hilang. Melainkan, sampah hanya pindah dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya dari ruang kelas pindah ke kotak sampah sekolah lalu pindah lagi ke pembuangan sampah. Lama kelamaan, sampah di pembuangan bertumpuk.

Hal yang pertama dilakukan adalah memberi pemahaman kepada dewan guru. Melakukan perubahan memang tidak mudah. Butuh usaha yang lebih keras. Butuh kesabaran. Jika selama ini terbiasa dengan beragam kepraktisan lalu harus memilih sedikit repot tentu perlu perjuangan tersendiri.

Selanjutnya memberikan edukasi ke para siswa. Meski tampaknya lebih mudah karena anak-anak cendrung mendengar perintah guru namun butuh pengawasan lebih ketat. "Untuk meletakkan sampah bekas jajan harus selalu diingatkan. Kalau tidak diawasi, sampahnya entah kemana," komentar salah seorang guru.



Unsur yang juga tidak boleh dilupakan adalah wali murid. Maka pada Ahad (20/2) pada agenda pertemuan orang tua diselenggarakan edukasi pilah sampah. Diharapkan para wali siswa dapat mendukung berbagai kebijakan sekolah yang berdasarkan zero waste school. Syukur kalau akhirnya juga bisa belajar menerapkan pola hidup minim sampah di rumah masing-masing.

Puncak HPSN 2024 di SIT Qudwah dilaksanakan pada Rabu (21/2) dengan kegiatan Aksi Bersih Lingkungan. Tidak hanya melakukan bersih-bersih dan pilah sampah, siswa diajak berkampanye mengurangi sampah plastik. Terakhir ada juga nobar biskop Qudwah film edukasi berjudul Petualangan Banyu di Negeri Sampah.


Sebagai langkah pertama tentu banyak evaluasi di sana-sini. Masih banyak PR pelaksanaan zero waste school di lapangan. Tapi setidaknya momen HPSN 2024 menjadi titik mulai untuk melakukan sesuatu bagi kelestarian bumi. Sekecil apapun, yok jangan ragu untuk memulainya sekarang juga.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI