Sabtu, 23 Maret 2024

10 Kebiasaan Minim Sampah di Bulan Ramadan

 Ramadan bulan berkah. Biar tambah berkah, yok belajar membiasakan diri melakukan aktifitas yang dapat mengurangi sampah dan menjaga kelestarian bumi.

Tau kan kalau saat ini kondisi Indonesia sudah darurat sampah. Dari laporan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, sebanyak 19,4 juta ton timbunan sampah permaret 2024. 

Dari jumlah tersebut baru 65,9 % atau sekitar 12,7 juta ton timbunan sampah terkelola. Sisanya sebanyak 6,6 juta ton sampah belum bisa terkelola artinya hanya menumpuk, membusuk, menyebabkan penyakit, mengurangi lahan publik serta berpotensi menyebabkan masalah sosial lainnya. 

Sumber: https://sipsn.menlhk.go.id/

Kondisi yang juga harus dicermati adalah dari puluhan juta ton sampah tersebut, penyumbang terbesar adalah bersumber dari sisa makanan sebanyak 41,9% lalu disusul sampah plastik 18, 5%. 

Nah jadi lebih terlihat kan kalau antara sampah sisa makanan dan sampah plastik memang paling akrab dengan kita. Tapi tidak ada kata terlambat. Mari mulai sekarang belajar untuk lebih bijak mengatur pola hidup kita.

Berikut 10 kebiasaan yang bisa kita lakukan di bulan ramadan untuk mengurangi sampah dan menjaga kelestarian bumi. 

1. Takjil war bawa wadah sendiri

Ini yang sedang viral banget, takjil war.  Kalau di daerah saya biasanya mulai jam 4an. Jam 5 puncaknya. Saya belum pernah ikutan karena yang biasa tugas beli takjil pak suami. 

Nah bisa banget tetap ikut takjil war tapi bawa wadah sendiri. Wadah bisa menyesuikan kira-kira kamu mau beli apa. Sesuatu yang berkuah atau tidak. Seberapa banyak belinya. Strategi ini juga bisa mengingatkan kita untuk tidak membeli melebihi yang direncakan.

2. PP Tarawih jalan kaki

Emang ngaruh ke kelestrian bumi? Ngaruh dong! Dengan kita berjalan kaki artinya mengurangi penggunaan BBM artinya menghemat SDA artinya lagi ketersediaan SDA dapat diperpanjang. 

3. Sesuai kebutuhan bukan keinginan

Mau kamu tim masak sendiri atau cus beli, pastikan makanan tidak berlebih. Ingat ya di bulan puasa biasanya kemampuan konsumsi makanan berkurang. Waktu yang tersedia untuk makan juga lebih singkat. Jadi, tidak harus mengikuti semua imajenasi kalau faktanya hanya berakhir di kulkas dan kemudian kotak sampah. 

4. Takjilnya diberi, wadahnya ngak

Selama ramadan sangat dianjurkan untuk saling memberi makanan berbuka. Gak usah nunggu mampu memberi banyak. Semangkok kolak atau empat potong kue pun sudah cukup untuk diberi ke tetangga. 

Nganterin takjilnya pakai wadah yang silakan langsung diminta kembalikan saat itu juga. Zaman saya masih kecil, kebisaan ini ngetren banget karena kebetulan saya adalah kurir takjil favorit di zamannya.

5. Jangan ragu bawa botol minum saat tarawih

Secepat-cepatnya shalawat tarawih, bagi saya tetap saja lama. Beda kalau hanya shalat isya. Dan ada kemungkinan selama tarawih merasakan haus. Dari pada bingung, kan jadi aman kalau bawa botol minum plus isinya dari rumah.

konsep bukber minim sampah


6. Hati-hati promo all you can eat

Kalau hitung-hitungan per-item makanan/minuman, tentu saja bisa jadi lebih  murah. Tapi, seberapa banyak perutmu mampu menampung makanan. Please, sadari kalau promo ini adalah strategi resto atau tempat makan supaya kamu mau mampir. Bukannya hemat justru kita sudah berlebih-lebihan dalam makanan. Padahal di luar sana masih banyak saudara seiman kita yang begitu membutuhkan bahkan hanya sekadar sepotong roti.

7. Pastikan mematikan semua alat listrik

Sambil nyantai malam, biasanya otomatis menghidupkan beberapa alat listrik kayak televisi, kipas atau pendingin ruangan, dispenser, atau apa saja. Nah kerena lelah dan kenyang, jadilah tertidur tanpa mematikan alat-alat tersebut. Kan sayang listriknya. Menghemat listrik artinya menghemat SDA artinya menjaga keberlanjutan bumi.

8. Konsep bukber minim sampah

Kalau di kantor atau di organisasi kalian akan diadakan bukber, coba usulkan untuk membuat tema minim sampah. Misalnya kalau bukbernya di tempat makan, pastikan makan dan minum tidak  memakai plastik sekali pakai. Atau kalau bukber di suatu tempat, semua peserta membawa makanan dalam wadah masing-masing. 

9. Membatasi bukber di luar

Kenapa harus dibatasi? Karena membatasi banyak hal yang harusnya bisa dihemat. Bensin, keuangan, meminimalisasi sampah sisa makan, dan lainnya. Lebih manfaat waktunya digunakan untuk tilawah atau zikir, mumpung ramadan.

10. Kalau ke pasar, jangan kalap

Godaan untuk membeli semua yang ada di pasar memang luar biasa. Dengan alasan biar puasanya lancar harus makan ini, makan itu. Tidak! Konsep makan sehat tetap sama antara bulan Ramadan atau bulan lainnya. Bawa tas belanja, saat tas belanja penuh, pulanglah. 

Demikian 10 kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan sekarang juga. Selamat berjuang meraih ampuanan dan kasih sayang Allah.  

Share:

1 komentar:

  1. InsyaAllah menambah kebaikan di bulan Ramadhan. Karena mengurangi sampah juga sebuah kebaikan.

    BalasHapus

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI